WORD PAD

Published November 15, 2013 by bebellarizki

Nama : Bella Rizki

Kelas  : 1 EB 18

NPM   : 21213697      

TUGAS PKTI 1C                              

WORD PAD

Gambar

Wordpad adalah sebuah dokumen yang mempunyai berbagai jenis formatting dan gambar yang kompleks. WordPad adalah pengolah kata dasar yang disediakan dengan hampir semua versi Microsoft Windows dari Windows 95 dan seterusnya. Terlihat lebih maju dari Notepad tapi lebih sederhana daripada Microsoft Works pengolah kata dan Microsoft Word. Diganti Microsoft Menulis. WordPad diperkenalkan pada Windows 95, menggantikan Microsoft Tulis, yang datang dengan semua versi Windows sebelumnya (versi 3.11 dan sebelumnya).

 Kode sumber untuk WordPad juga didistribusikan oleh Microsoft sebagai Foundation Classes contoh aplikasi Microsoft dengan MFC 3.2 dan kemudian, sesaat sebelum peluncuran Windows 95. Hal ini masih tersedia untuk di-download dari situs Web MSDN.

            Fungsi wordpad adalah dapat digunakan untuk menyisipkan dokumen tertentu dan dokumen dapat disimpan dalam bentuk teks file, rich text file, untuk MS. Dos/Unicode.

Font default yang digunakan pada Windows 95 ke Windows Vista adalah Arial 10, di Windows 7 itu berubah menjadi Calibri 11. Sebuah prosesor yang sama kata yang disebut WordPad disuplai oleh beberapa vendor pada Windows CE pra-instalasi. Memiliki fungsi sederhana seperti yang sepupu desktop OS. Ikon menyerupai ikon Microsoft Word awal.

FITUR WordPad dapat memformat dan mencetak teks, termasuk font, bold, italic, berwarna, dan teks berpusat dll, namun tetapi tidak memiliki fitur antara seperti spell checker, tesaurus, dan penciptaan tabel. Namun tetapi WordPad dapat membaca, membuat, dan menyimpan banyak fitur RTF yang tidak dapat membuat tabel, Coret, superscript, subscript, warna “ekstra “, teks warna latar belakang, nomor daftar, kanan atau kiri indent, kuasi – hypertext dan URL menghubungkan, dan berbagai jarak baris. Di antara keuntungan yang rendah penggunaan sistem sumber daya, kesederhanaan penggunaan, dan speediness. Menyisipkan ke atau dari sebuah dokumen HTML seperti dari internet atau email biasanya otomatis akan mengkonversi sebagian besar atau semua itu ke RTF meskipun ini sebagian browser tergantung. Tetapi, WordPad cocok untuk mengambil catatan, menulis surat dan cerita, atau untuk penggunaan di berbagai PC tablet dan ponsel pintar. Namun, WordPad adalah underpowered untuk pekerjaan yang sangat bergantung pada grafis atau typesetting seperti kebanyakan persyaratan penerbitan industri untuk rendering hard copy akhir.

WordPad native mendukung Rich Text Format, meskipun tidak mendukung semua fitur yang didefinisikan dalam spesifikasi RTF 2007/Word. Versi sebelumnya dari WordPad juga mendukung “Word untuk Windows 6.0” format, yang maju kompatibel dengan format WindowsWord.

            Pada Windows 95, 98 dan Windows 2000, itu digunakan Microsoft Rich Edit kontrol, versi 1.0, 2.0 dan 3.0 masing-masing Pada Windows XP SP1 dan kemudian, menggunakan RichEdit 4.1, termasuk Windows7.

WordPad untuk Windows XP menambahkan dukungan Unicode penuh, memungkinkan WordPad mendukung beberapa bahasa, tetapi UTF-16/UCS-2 Big Endian tidak terdukung. Hal ini dapat membuka Microsoft Word (versi 6,0-2003), Meskipun membuka versi yang lebih baru dari format DOC. Dengan format yang salah. Juga, tidak seperti versi sebelumnya WordPad, tidak dapat menyimpan file dalam format doc. (Hanya txt atau Rtf). Windows XP Service Pack 2 dan seterusnya mengurangi dukungan untuk pembukaan. WRI file untuk tujuan keamanan. Windows XP Tablet PC Edition SP2 dan Windows Vista termasuk pengenalan suara, dan karena itu dikte ke WordPad adalah mungkin. Dalam versi Windows, kontrol RichEdit ditambahkan dan sebagai hasilnya, WordPad sekarang mendukung layanan pihak ketiga extensible (seperti tata bahasa dan spell check) dibangun menggunakan Text Services Framework (TSF).

Pada Windows Vista, dukungan untuk membaca file Microsoft Word DOC telah dihapus karena render salah dan masalah format, serta buletin keamanan Microsoft yang melaporkan kerentanan keamanan dalam membuka file Word di WordPad.

Untuk melihat lebih tua ( 97 . – 2003 ) serta yang lebih baru ( Office Open XML ) dokumen, Microsoft merekomendasikan Word Viewer , yang tersedia secara gratis . Asli Office Open XML dan dukungan ODF dirilis di windows 7.

            Microsoft telah memperbarui antarmuka pengguna untuk WordPad pada Windows 7, memberikan Office 2010 gaya pita yang menggantikan menu aplikasi dan toolbar. Lainnya dibundel aplikasi Windows seperti Paint memiliki perubahan serupa antarmuka.

Wordpad merupukan program yang digunakan untuk pembuatan document berbasis teks, wordpad program bawaan dari system operasi Windows. Microsoft menyediakan wordpad untuk para pemakai system operasi windows secara gratis. Namun ada terdapat kelemahan-kelemahan pada wordpad dan tampilan wordpad tidak begitu menarik tetapi disamping itu wordpad memiliki fitur yang sangat sederhana dan sangat efisien sehingga user tidak perlu mencari jauh-jauh tool untuk melakukan pengeditan pada lembar kerja.

    Microsoft word 2007 adalah program yang terdapat dalam paket Microsoft Office 2007. Microsoft word 2007 adalah program pengolahan document berbasis teks. Microsoft word 2007 merupakan seri lanjutan dari pendahulu sebulumnya yaitu Microsoft word 2003, dengan format file yang baru dari para pendahulunya yaitu *.docx.Microsoft word 2007 yang merupakan program berbayar. Terdapat banyak fitur-fitur dalam Microsoft word 2007, tampilan antarmuka program ini juga sangat menarik. Tetapi Microsoft word 2007 sangat tidak efisien karena user harus menemukan beberapa tool yang letaknya agak sedikit jauh, jadi user harus mengclik beberapa kali untuk mendapatkan fitur atau tool yang dia inginkan.

Perbedaan antara wordpad dengan Microsoft Word 2007

  1. Aksesibilitas (Operabilitas dan Perseptibilitas)

-. Wordpad dapat digunakan oleh kemampuan fisik manusia.

~ Ms. word 2007 dapat digunakan oleh seluruh manusia yang berfisik normal, karena tidak ada suatu tool yang menyulitkan manusia normal.

  1. 2.      Visibilitas

-. Adanya help pada wordpad membantu para user menangani masalah pada lembar kerja.

~ Help juga terdapat pada ms office 2007 yang sangat membantu user dalam menangi masalah pada lembar kerja, help pada Ms word 2007 tertata dengan rapi dan terstruktur dari bagian per bagian.

  1. 3.      Kesederhanaan

-. Item-item yang terdapat pada wordpad sangat sedikit, sehingga wordpad sangat sederhana dalam program pengolahan dokument.

~ Ms wordterdapat banyak fitur-fitur yang terkadang user tidak mengetahui fungsi dari fitur tersebut, jadi dari segi kesederhanaan Ms. Word kurang sederhana.

  1. 4.      Efisiensi

-. Wordpad sangat efisien, karena tool-tool yang ada sangat sedikit jadi user tidak perlu mencari jauh-jauh untuk mendapatkan tool yang diiginkan, cukup mengklik 1 kali pada tool diatas halaman lembar kerja.

~ Ms word 2007 juga sangat efisien, karena item-item yang akan digunakan untuk kinerja telah dikelompokkan sesuai dengan kategorinya.

  1. 5.      Konsistensi

-. Worpad menggunakan icon-icon seperti print menggambarkan dari printer yang sebenarnya pada dunia nyata sehingga user langsung tahu bahwa tool tersebut berguna untuk mencetak document ke objek kertas.

~ Ms office 2007 juga menggunakan icon untuk mencetak lembar kerja dengan menggunakan gambar printer, disket untuk meng-save document sehingga dengan melihat icon tool itu saja user tahu fungsi dari tool tersebut.

  1. 6.      Prediktabilitas

-. Pada saat menggunakan wordpad kita langsung tahu bahwa program ini digunakan untuk membuat document kerja yang bardasarkan pada text.

~ Pada saat menggunakan office 2007 banyak item-item atau tool-tool yang bisa digunakan membatu dalam membuat suatu perkerja, tanpa harus membaca manual atau help terlebih dahulu user tahu bahwa tool yang digunakan dan fungsinya masing-masing. Seperti tool untuk page color, user tahu bahwa tool tersebut untuk memwarnai halaman.

  1. 7.      Kontrol dan Fleksibilitas

-. Dalam menggunakan tool pada wordpad user hanya tinggal mengklick tool-tool yang ada, tanpa harus melakukan konfirmasia pabila tool tersebut akan di klik.

~ Ms. word 2007 membebaskan user dalam menggatur atur tampilan, MS. Office 2007 juga menyediakan ribbon-ribbon yang dapat membantu user dalam melakukan kerja.

  1. 8.      Respon terhadap pengguna (Responsiveness)

-. Wordpad tidak menyediakan fitur yang menampilkan perubahan dalam lembar kerja ketika tool yang digunakan di sorot, user mesti mengklik tool tersebut terlebih dahulu.

~ Ms. Office 2007 menggunakan fitur yang apabila tulisan pada lembar kerja di sorot dengan menggunakan tool font, maka langsung terjadi perubahan.

  1. 9.      Penanganan kesalahan

-. Wordpad tidak memiliki penanganan apabila terjadi system error pada komputer atau komputer mati secara tiba-tiba.

~ Ms. word 2007 mempunyai back up sementara apabila terjadi kesalahan pada komputer atau komputer mati secara tiba-tiba, akan muncul jendela kecil sebelah lembar kerja, ketika ms word dinyalakan kembali.

  1. 10.  Kejelasan arti dan tujuan setiap komponen pembentuk sistem

-. Wordpad mempunyai tool-tool yang icon-icon mempunyai makna persis sesuai dengan gambarnya. Seperti gambar huruf B tebal digunakan untuk menebalkan huruf U digunakan untuk memberi garis bawah pada huruf.

~ Ms word 2007 sama halnya seperti wordpad, tool-tool memiliki gambar yang mewakili fungsi dari gambar tersebut.

  1. 11.  Kejelasan tentang keterkaitan antar komponen sistem secara keseluruhan

-. Wordpad tidak menyediakan keterangan yang jelas apabila ada tool-tool yang digunakan.

~ Ms. Word 2007 menjelaskan tool-tool apabila digunakan, seperti apabila membuat 2 colom maka tool style juga akan berubah menyesuaikan dengan perintah user.

  1. 12.  Enak dipandang

-. Wordpad sangat membosankan apabila menggunakannya terlalu lama.

~ Ms.word 2007 memiliki tampilan yang menarik, dengan penataan tool-tool yang rapi dan mengguanakan transparansi sehinggan nyaman dilihat dalam waktu yang cukup lama.

  1. 13.  Kesan Pertama yang positif

-. Saat menggunakan wordpad pertama kalinya user akan berfikir bahwa wordpad adalah program yang saderhana dengan minim fitur dalam pengolahan data.

~ Ms. Word 2007 adalah program yang sangat nyaman digunakan dalam melakukan pembuatan document atau pembuatan tugas berbasis teks. Dengan fitur yang sangat banyak dan tampilan yang menarik Ms. Word sangat memudahkan user dalam pembuatan document berbasis teks.

  1. 14.  Trade-Off

-. Wordpad lebih mengutamakan prinsip kesederhanaa dari pada kelebihan fitur-fitur maupun tampilan.

~Ms word 2007 lebih mengutamakan fitur yang sangat banyak dengan tampilan yang sangat menarik.

 

WordPad hampir sama dengan Notepad, keduanya sama-sama dipergunakan untuk menulis dan mencatat. Perbedaannya, dengan WordPad, bisa mengubah jenis huruf, ukuran huruf, dan format huruf dengan mudah. Percobaan wordpad :

1. Klik Start

2. Pilih All Programs

3. Klik Accesories

Berikut ini adalah tampilan dari wordpad :

 Gambar

Cobalah ketik beberapa kalimat pada WordPad, seperti contoh di bawah ini:

Untuk mengganti jenis huruf pada WordPad, lakukan langkah- langkah ini:

1. Blok teks yang mau kamu ganti.

2. Klik pilihan jenis huruf Arial

3. Pilih jenis huruf yang kamu suka.

Untuk mengganti ukuran huruf dengan cara:

1. Blok bagian teks yang mau kamu ganti

2. Klik pilihan ukuran huruf 10 v

3. Pilih ukuran huruf yang sesuai

*Misalnya ingin mengganti kata “WordPad” dengan font berukuran 20.

Untuk menebalkan teks dengan cara:

1. Blok bagian teks yang akan ditebalkan.

2. Klik tombol B untuk menebalkan.

Untuk membuat text miring dengan cara:

1. Blok bagian teks yang akan dimiringkan.

2. Klik tombol JT untuk memiringkan.

Untuk membuat garis bawah pada teks dengan cara:

1. Blok bagian teks yang akan diberi garis bawah.

2. Klik tombol U untuk memberi garis bawah.

Kalian bisa menggabungkan fasilitas-fasilitas ini untuk mendapat­kan bentuk, ukuran, format huruf, dan termasuk gambar sesuai keinginan kalian tetapi agak terbatas.

 

Sumber :

http://ujarekondo.blogspot.com/2013/05/belajar-computer-tentang-wordpad.html

http://komputer.iklankecil.com/wordpad-cara-menggunakan-wordpad.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/WordPad

http://0901081005.blogspot.com/2011/06/latar-belakang-wordpad-merupukan.html

http://blogerima.blogspot.com/2009/12/pengertian-dan-fungsi-aplikasi-windows.html

One comment on “WORD PAD

  • Leave a comment